kiat-kiat pembesaran anakan burung jalak




S

edikit info buat hobbies burung berkicau. dulu blog ini pernah membahas tentang cara merawat anakan burung kacer , kali ini kita ingin membahas sedikit tentang pembesaran anakan burung jalak.

sebenarnya antara kedua burung ini tidak jauh cara pembesarannya. dan pakan buat anakan dari kedua jenis burung yg berbeda ras ini juga hampir sama. bila di tips sebelumnya tentang cara merawat anakan burung kacer aku menyebut anakan burung kacer sedikit ribut suaranya bila laper burung jalak juga demikian.

terutama suara meminta disuapin makan saat sedang
lapar. tapi suara anakan burung jalak tidak senyaring anakan burung kacer . otomatis anakan jalak tidak semengganggu anakan anakan kacer ,.

pakan untuk anakan jalak adalah be-er /makanan ayam, tapi lebih baik menggunakan be-er yg khususu untuk burung berkicau. tapi bila ngak ada, be-er ayam juga sudah mencukupi. cara pemberiannya adalah be-er/pakannya direndam dengan air selama beberapa saat. rendam aja di gelas kecil atau mangkuk kecil bekas sabun wings yg telah dibersihkan sebelumnya.

rendam sebanyak beberapa kali jatah makan. ukurannya kira kira setengah air setengah pakan. nanti pakan akan berkembang hingga menyerupai adonan kue tart. nah setiap anakan burung jalak mengeluarkan suara itulah tandanya sedang laper/minta suapin. buatlah sebatang kayu mirip stik es paddle pop.

bagian depan di buat sedikit meruncing, tapi bukan maksudnya sampai tajam. agar sesuai pola mulut anakan. setiap didekati anakan jalak akan membuk mulutnya sediri, tinggal masukan aja pakan yg telah direndam dengan stik tadi.

buatlah jadwal setiap kali memberi makan agar tidak menjadi kebiasaan buruk siburung. karna bila dibiasakan setiap kali menjerit langsung disuapin kadang ngak lapar sekalipun burung akan menjerit. minta perhatian gitulah

alas duduk anakan burung sebaiknya sering diganti. karna semasa kecil burung anakan ini beraknya / kotorannya banyaknya minta ampun. setiap kali pertama disuapin pasti crott, belum lagi waktu kaget, crot lagi, setiap ada rekasi dari lingkungan pasti lah crot. ini sangat berpengaruh terhadapa kualiatas bulunya ketika dewasa nanti. untuk iut kiranya perlu juga di perhatikan.

saat menanjak beberapa minggu bulunya sudah hampir memenuhi seluruh badan. masa-masa ini anakan jalak sudah boleh di jemur sambil di mandi-in. tapi bila disediakan sebuah wadah burung ini bisa mengambil inisiatif untuk mandi sendiri. saat ini harus banyak perhatian, karna burung sudah mulai lasak. loncat kesan loncat kesini. waspadalah dari incaran kucing bila jauh dari jangkauan penglihatan.

sebaiknya jangan terlalu sering dibiarkan lepas. seorang hoobies biasanya suka melepas anakan yg mulai beranjak dewasa. karna selain lucu brung ini bisa berinteraksi dengan tuannya. burung baru bisa makan sendiri ketika beberapa minggu ketika sudah bisa terbang.



untuk membiarkannya supaya cepat bisa makan sendiri bisa dibuatkan tempat pakannya lalu sambil diisi pakannya. namun mesti tetap disuapin, supaya dia tidak kelaparan sembari belajar nyatuk/makan.

setelh biasa mematuk pakan ditempat yg disedia-in lama-lama siburung juga akan mengerti dan mematuk lalu menelannya. pada saat itu sebenarnya burung masih sering minta disuapin . bisa saja kita tetap menyuapin, tapi supaya ngak menguras banyak energi sebaiknya siburung sudah bisa dilepas alias dibiarkan makan sendiri..



















gambar optimasi









0 komentar:

Posting Komentar