Ada apa dengan bunuh diri?




M

asih segar ingatan kita tentang peristiwa bunuh diri yang dilakukan seorang "bapak" karna tidak punya biaya untuk mantu ,menikahkan anak perempuannya. peristiwa ini terjadi sebuah daerah di propinsi jawa barat.

kembali kita di gegerkan oleh dua peristiwa bunuh diri yang dilakukan dua orang di tempat yang sama berselang beberapa jam. adalah Reno dan Ice, terjun dari lantai lima sebuah pusat perbelanjaan di jakarta.

jenazah Ice di kuburkan hari ini, menurut sumber detik.com via yahoo news indonesia :
Jenazah Ice Juniar, korban tewas di Mal Grand Indonesia yang berada di RSCM sudah dibawa pulang keluarga. Selanjutnya, jenazah Ice akan disemayamkan di RS Husada, Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, jenazah dibawa pulang oleh keluarga menggunakan ambulans pukul 22.20 WIB.

"Disemayamkan dulu di rumah duka di RS Husada, Mangga Besar," ujar supir ambulans tersebut saat meninggalkan RSCM, Jl Diponegoro, Senin (30/11/2009) malam.

Pihak keluarga yang mengiringi adalah ibu korban dan beberapa baca selengkapnya..

disebutkan oleh silet rcti, Baik Reno dan Ice masih memiliki hubungan. mungkin maksudnya diantara kedua korban saling mengenal. bila di tinjau secara sekilas kasus bunuh diri di indonesia sudah berkurang volumenya dewasa ini, setidaknya jika di bandingkan kejadian beberapa tahun yang lalu.

namun yang membingungkan,pelaku bunuh diri tidak memandang bulu, cantik, kaya, miskin, jelek semua memiliki andil. banyak pihak yang mencari jawaban apa sebab dibalik nekatnya sesorang hingga bisa menghabisi hidupnya secara sia-sia.

ya, basi kalau mendengar bait bait jawaban dan spekulasi dari kalangan psikater tersbut. selalu hampir sama jawaban yang di kemukan tiap psikiater. lalu apa sebab sebenarnya dibalik kenekatan pelaku mengakhiri hidup secara brutal dan sia-sia? jawabannya mungkin hanya bisa dijawab oleh si pelaku itu sendiri, kalau saja seandainya orang mati bisa ditanyai..

sepertinya berita bunuh diri ini untuk ikut mewarnai pemberitaan seputar skandal polisi dan jaksa, juga aliran dana bank century yang sedang hangat di indonesia kita ini. mungkinkah kasus bunuh diri ada hubungannya dengan kelakuan buruk orang orang atas? sepertinya tidak, namun yang jelas kehidupan ini sudah semakin kelam....

masalah bunuh diri menjadi persoalan semua orang, tidak saja orang tua, lingkungan juga sangat di perlukan antisipasinya untuk menekan angka bunuh diri. berbaiklah dengan orang walau pun tidak saling kenal. kita boleh menaruh sikap curiga dan mawas diri terhadap orang asing, namun bisa kita barengi dengan sedikit rasa "mencoba" untuk mempercayai.

pendapat dan spekulasi dari psikiter yang panjang hanya akan menjadi sekumpulan kata kata yang tidak ada artinya, jika kasus bunuh trus trulang. semua pihak harus ikut berperan, termasuk para orang tua yang memiliki anak remaja yang nanti akan menjadi dunia baru,supaya kelamnya kehidupan bisa di sinari sedikit kebaikan.pentingnya penekanan terhadap nilai kebaikan terhadap semua orang akan me-lunakan kehidupan yang semakin keras didunia inidari hari kehari.


tulisan diatas hanya pandangan pribadi, tidak ada maksud dan motivasi tertentu..




0 komentar:

Posting Komentar